Mata
Kuliah Media Pembelajaran Sejarah
Selama
saya menempuh mata kuliah media pembelajaran, disana saya mempunyai banyak
pengalaman mengenai ilmu tentang cara membuat media pembelajaran yang baik dan
efektif bagi calon peserta didik saya nantinya. Sampai saat ini saya sudah
pernah membuat enam media pembelajaran yaitu Charts, Grafik, Peta Konsep, Mind
Mapping, Media Power Point, dan Prezi. Berikut saya akan menjelaskan tentang
bagaimana cara membuat ke enam media pembelajaran tersebut dengan baik dan saya
juga akan mengkritisi tentang media pembelajaran yang pernah saya buat.
1
. Media Pembelajaran Chart
Chart adalah media visual yang berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya dismapaikan secara tertulis atau lisan. Media chart ini dapat mempermudah penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan, atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep.
Cara membuat media
pembelaran Chart yang baik adalah :
a) Harus mengetahui tujuan pembuatan chart
yang ingin dicapai seperti karakteristiknya
b) Chart yang baik harus mengurangi
penjelasan menggunakan kata-kata, artinya chart tersebut sudah harus bisa
menyampaikan informasi tanpa adanya pemberi pesan.
c)
Chart harus simple dan kompleks
d)
Visual harus sesuai dengan verbal
informasi
e) Ukuran font tulisan harus besar agar terlihat oleh peserta didik yang duduk dibangku belakang.
f) Sebaiknya ketika menulis chart font
tidak usah memakai font yang bergaya, pakailah font yang tegak biasa dan
ditulis dengan spidol yang besar.
g) Jika ingin memakai kertas warna didalamnya, pakailah kertas warna yang cerah agar kontras dengan warna spidol yang digunakan.
g) Jika ingin memakai kertas warna didalamnya, pakailah kertas warna yang cerah agar kontras dengan warna spidol yang digunakan.
Hasil
kritisi chart yang telah saya buat menurut saya sendiri adalah :
Chart yang saya buat ukuran
tulisannya kurang besar dan tebal sehingga tulisan pada chart saya kurang
terlihat pada audiens yang duduk di bangku belakang. Tulisan chartnya juga
kurang rapi karena saya menggunakan penggaris pada waktu akan menulisnya. Chart
saya juga menggunakan kertas sukun agar terlihat warna-warni dan lebih menarik.
Kesesuaian judul dengan isi chart menurut saya sudah sesuai karena saya merujuk
sumber pada buku mata kuliah sejarah saya. Chart saya bagan-bagannya kurang
mendominasi isi kertas manila karena ukuran bagan yang kurang besar. Serta
ukuran tulisan pada judul chart kurang besar.
2 . Media Pembelajaran Grafik
Media pembelajaran grafik adalah suatu media yang menyajikan data berangka suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang sangat bermanfaat. Informasi yang dihasilkan bersifat kualitatif dengan cepat serta sederhana.
Media pembelajaran grafik adalah suatu media yang menyajikan data berangka suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang sangat bermanfaat. Informasi yang dihasilkan bersifat kualitatif dengan cepat serta sederhana.
Cara
membuat media pembelajaran grafik yang baik adalah :
a) Harus mengetahui tujuan pembuatan grafik yang ingin dicapai.
a) Harus mengetahui tujuan pembuatan grafik yang ingin dicapai.
b) Berisi
data numerik
c) Grafik
dibuat semenarik mungkin
d) Harus
menganalisis kompleksitas data
e) Harus mengerti masing-masing skill para peserta didik ketika membaca grafik
e) Harus mengerti masing-masing skill para peserta didik ketika membaca grafik
f) Menyesuaikan
warna yang digunakan
g) Hati-hati
dalam membuat tema dalam grafik
h) Selisih
pengukuran urutan angka pada grafik harus jelas contohnya dari angka 0, 10, 20,
30, 40, 50, …. dst
i)
Tulisan pada grafik harus besar agar
terlihat oleh peserta didik yang duduk dibangku belakang
j)
Berilah keterangan sedikit tentang
grafik yang dibuat agar ketika peserta didik membaca grafik tersebut tidak
kebingungan
Hasil
kritisi grafik yang telah saya buat menurut saya sendiri adalah :
Grafik yang saya buat ukuran tulisan
pada judul kurang besar. Ukuran tulisan pada selisih angka grafik juga kecil
sehingga tidak terlihat oleh audiens yang membaca. Kesesuaian tentang
kompleksitas data menurut saya sendiri kurang sesuai, karena saya hanya
menggunakan logika ketika membuatnya. Keterangan pada grafik saya sudah ada dan
keterangan itu sudah sesuai dengan warna grafik yang saya buat tetapi ukuran
tulisan juga kurang besar. Grafik saya juga kurang mendominasi isi kertas
manila karena ukuran gambar grafik kurang besar.
3 . Media Pembelajaran Peta Konsep
Media pembelajaran peta konsep adalah sebuah gambaran yang menjelaskan struktur konsep-konsep yang saling berkaitan antar konsep yang lainnya yang menyatakan hubungan yang saling memiliki makna atau arti dari sebuat materi pelajaran sehingga membentuk sebuah proposisi
Cara
membuat media pembelajaran peta konsep yang baik adalah :
a) Harus mengetahui tujuan pembuatan peta
konsep yang ingin dicapai.
b) Peta konsep yang baik harus mengurangi
penjelasan menggunakan kata-kata, artinya chart tersebut sudah harus bisa
menyampaikan informasi tanpa adanya pemberi pesan.
c) Visual harus sesuai dengan verbal
informasi
d) Ukuran font tulisan harus besar agar
terlihat oleh peserta didik yang duduk dibangku belakang.
g) Sebaiknya ketika menulis pada peta
konsep font tidak usah memakai font yang bergaya, pakailah font yang tegak
biasa dan ditulis dengan spidol yang besar.
h) Jika
ingin memakai kertas warna didalamnya, pakailah kertas warna yang cerah agar kontras
dengan warna spidol yang digunakan.
Hasil
kritisi media pembelajaran peta konsep yang telah saya buat menurut saya
sendiri adalah:
Peta konsep yang telah saya buat
ukuran tulisan pada judul sudah lebih besar dari pada media pembelajaran chart
dan grafik yang telah saya buat, tetapi sepertinya juga kurang besar tidak
jelas ketika dilihat dari belakang. Ada kesalahan warna pada kertas sukun yang
saya gunakan, saya menggunakan warna coklat sehinggat tidak kontras dengan
warna spidol hitam yang saya gunakan untuk menulis. Menurut saya peta konsep
ini materinya kurang saya perluas sehingga bisa dikatakan peta konsep saya
lebih mirip kepada media pembelajaran chart. Tetapi isi kesesuaian materi peta
konsep saya sudah benar karena merujuk pada buku mata kuliah sejarah yang telah
saya baca. Dan runtutan isi materi dari atas kebawah juga sudah jelas dan bisa
mengurangi informasi tanpa adanya sang pemberi pesan.
Media pembelajaran mind mapping adalah suatu cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini hampir sama dengan peta konsep hanya saja mind mapping mampunyai banyak cabang dari suatu kata kunci pada materi pelajaran.
Cara
membuat media pembelajaran mind mapping yang baik adalah :
a) Harus
mengetahui tujuan pembuatan mind mapping yang ingin dicapai
b) Ukuran
font yang akan digunakan haruslah besar agar terlihat oleh peserta didik yang
duduk dibangku dibelakang
c) Bila
perlu gunakanlah lebih dari satu kertas manila agar tulisan pada mind mapping
terlihat jelas
d) Bila
membuat mind mapping semakin banyak cabang materi didalamnya maka akan semakin
baik
e) Visual
harus sesuai dengan informasi
f) Jika
ingin memakai kertas warna didalamnya, pakailah kertas warna yang cerah agar
kontras dengan warna spidol yang digunakan.
Hasil
kritisi media mind mapping yang telah saya buat menurut saya sendiri adalah :
Mind mapping yang telah saya buat
lagi-lagi kekurangannya pada ukuran tulisan yang kurang besar sehingga tidak
terlihat oleh audiens yang duduk dibelakang. Cabang-cabang pada mind mapping
terlihat tidak rapi meskipun telah menggunakan dua kertas manila, seharusnya
saya lebih mengorganisir lagi isi dari mind mapping saya agar kertas manila
tersebut cukup untuk di isi materi yang telah saya rancang sebelumnya. Pada
kertas warna yang saya gunakan tampak ada yang tidak kontras dengan warna
spidol yang saya gunakan untuk menulis. Ukuran tulisan judul juga sudah
terlihat lebih besar dari pada media-media yang saya buat sebelumnya.
Kesesuaian isi materi juga sudah benar menurut saya karena dirujuk dari buku
mata kuliah sejarah yang telah saya baca.
5. Media Pembelajaran Power Point
Media pembelajaran power point adalah suatu aplikasi yang berguna sebagai alat bantu dalam presentasi yang isinya ada beberapa slide yang didalamnya terangkum beberapa pokok-pokok pembahasan yang penting saja.
Slide 1
Dalam slide pertama ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap. Tetapi tulisan pada isi slide saya masih kurang penuh.
Slide 2
Dalam slide kedua ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap. Didalamnya juga sudah memakai underline pada kalimat yang menjadi kata kunci. Tetapi kekurangan dalam slide ini tulisannya masih kurang memenuhi isi slide.
Slide 3

Media pembelajaran power point adalah suatu aplikasi yang berguna sebagai alat bantu dalam presentasi yang isinya ada beberapa slide yang didalamnya terangkum beberapa pokok-pokok pembahasan yang penting saja.
Slide 1
Dalam slide pertama ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap. Tetapi tulisan pada isi slide saya masih kurang penuh.
Slide 2
Dalam slide kedua ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap. Didalamnya juga sudah memakai underline pada kalimat yang menjadi kata kunci. Tetapi kekurangan dalam slide ini tulisannya masih kurang memenuhi isi slide.
Slide 3

Dalam slide ketiga ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap.
Didalam slide ini juga sudah memkai smartart agar tulisan terlihat rapi.
Slide 4
Dalam slide ke empat ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Tetapi kekurangannya tidak ada penjelasan keterangan terhadap video dan audio yang saya cantumkan dalam slide tersebut.
Slide 5
Dalam slide kelima ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Kukurangannya dalam slide ini juga tidak ada keterangan penjelasan tentang isi link yang saya cantumkan seharusnya diatas tulisan link diberi penjelasan terlebih dahulu,
Cara membuat media pembelajaran power point yang baik adalah :
Slide 4

Dalam slide ke empat ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Tetapi kekurangannya tidak ada penjelasan keterangan terhadap video dan audio yang saya cantumkan dalam slide tersebut.
Slide 5
Dalam slide kelima ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Kukurangannya dalam slide ini juga tidak ada keterangan penjelasan tentang isi link yang saya cantumkan seharusnya diatas tulisan link diberi penjelasan terlebih dahulu,
Cara membuat media pembelajaran power point yang baik adalah :
a) Ukuran
font tittle seharusnya (30-40)
b) Ukuran
font sub tittle seharusnya (20-30)
c) Dalam
slide tidak boleh lebih dari 12 garis
d) Tulisan
pada slide harus rata kanan kiri
e) Pilihlah
3 jenis gaya font yaitu Tahoma, Arial dan Verdana
f) Jika
ingin memasukkan gambar pada slide, pilihlah gambar yang sesuai dengan tema
materi pembelajaran yang ada pada slide tersebut
g) Jangan
gunakan gradasi warna dari warna gelap ke warna terang, karena akan mengganggu
ketika membaca tulisan pada slide
h) Jika
ingin menggunakan warna, gunakanlah warna yang sesuai.
Hasil
kritisi media power point yang telah saya buat menurut saya sendiri :
Media power point yang telah saya
buat sudah cukup baik. Font yang saya gunakan hanya dua jenis yaitu Tahoma dan
Arial. Ukuran tittle pada slide saya yaitu 30-40, dan sub tittle ukurannya
20-30. Warna yang saya gunakan juga sudah cocok dengan warna tulisan dan jelas
ketika membacanya. Kekurangan pada slide saya ada pada bagian slide yang berisi
tentang video, audio, dan link, karena disana saya hanya langsung mencamtumkan
video, audio, dan link tidak diberi keterangan terlebih dahulu.
6 . Media Pembelajaran Prezi
Media pembelajaran prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi yang berbasi pada internet. Prezi ini hampir sama dengan media power point hanya saja di prezi memiliki Zooming User Interface yang memungkinkan pengguna prezi dapat memperbesar atau memperkecil tampilan media presentasi.

Slide 1
Pada slide pertama ini ukuran font yang saya gunakan juga sudah sesuai jadi font saya terlihat besar dan mudah untuk dibaca. Tema yang saya buat pada prezi ini warnanya juga cukup sederhana sehingga tidak mengganggu para audiens ketika membaca.
Slide 2

Dalam slide kedua ini ukuran font juga sudah sesuai. Warna font dan background juga sudah sesuai hanya saja saya tidak menggunakan shapes agar lebih merapikan isi tulisan dalam slide prezi tersebut.
Slide 3

Dalam slide ketiga ini warna background juga tidak memiliki masalah sudah sesuai. Ukuran font juga susah sesuai tetapi saya tidak memasukkan shapes atau smarart agar lebih mempermudah merapikan isi tulisan dalam slide.
Slide 4
Dalam slide ke empat ini ukuran font juga sudah sesuai. Warna background dan warna font juga tidak memiliki maslaah. Tulisan keterangan sebelum memasukkan video juga sudah ada jadi audiens dapat mengerti keterangan singkat sebelum video akan diputar.
Slide 5
Dalam slide kelima ini ukuran font juga sudah sesuai. Warna background dan warna font juga tidak memiliki maslaah. Tulisan keterangan sebelum memasukkan link juga sudah ada sehingga para audiens dapat mengetahui apa isi link tersebut sebelum membuka linknya secara langsung. Tetapi disini saya juga tidak memakai shapes sehingga tulisan saya tidak begitu rapi.
Cara membuat media pembelajaran prezi yang baik adalah :
a) Ukuran
font tittle seharusnya (30-40)
b) Ukuran
font sub tittle seharusnya (20-30)
c) Dalam
slide tidak boleh lebih dari 12 garis
d) Pilihlah
3 jenis gaya font yaitu Tahoma, Arial dan Verdana
e) Jika
ingin memasukkan gambar pada slide, pilihlah gambar yang sesuai dengan tema
materi pembelajaran yang ada pada slide tersebut
f) Jangan
gunakan gradasi warna dari warna gelap ke warna terang, karena akan mengganggu
ketika membaca tulisan pada slide
g) Jika
ingin menggunakan warna, gunakanlah warna yang sesuai.
Hasil
kritisi media pembelajaran prezi yang telah saya buat menurut saya sendiri:
Media pembelajaran prezi yang telah
saya buat ukuran font sudah menyesuaikan sehingga jika dilihat dari belakang
sudah kelihatan jelas. Tetapi saya tidak menggunakan shape untuk menulis
keterangan, sehingga membuang banyak ruang pada pola lingkaran prezi saya.
Prezi ini masih tergolong sangat sederhana, bisa dilihat dari tema yang saya gunakan
yang menggunakan background berwarna putih. Slide tentang video dan link pada
prezi saya juga sudah lebih baik dari pada media power point saya karena pada
slide prezi ini sudah ada keterangan tentang apa isi dari video dan link
didalam slide prezi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar