Kamis, 03 November 2016



Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah

            Selama saya menempuh mata kuliah media pembelajaran, disana saya mempunyai banyak pengalaman mengenai ilmu tentang cara membuat media pembelajaran yang baik dan efektif bagi calon peserta didik saya nantinya. Sampai saat ini saya sudah pernah membuat enam media pembelajaran yaitu Charts, Grafik, Peta Konsep, Mind Mapping, Media Power Point, dan Prezi. Berikut saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat ke enam media pembelajaran tersebut dengan baik dan saya juga akan mengkritisi tentang media pembelajaran yang pernah saya buat.

1 . Media Pembelajaran Chart
        Chart adalah media visual yang berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya dismapaikan secara tertulis atau lisan. Media chart ini dapat mempermudah penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan, atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep.
Cara membuat media pembelaran Chart yang baik adalah :
     a)    Harus mengetahui tujuan pembuatan chart yang ingin dicapai seperti karakteristiknya
    b)   Chart yang baik harus mengurangi penjelasan menggunakan kata-kata, artinya chart tersebut sudah harus bisa menyampaikan informasi tanpa adanya pemberi pesan.
      c)      Chart harus simple dan kompleks
      d)     Visual harus sesuai dengan verbal informasi
   
     e) Ukuran font tulisan harus besar agar terlihat oleh peserta didik yang duduk dibangku belakang.
f)            Sebaiknya ketika menulis chart font tidak usah memakai font yang bergaya, pakailah font yang tegak biasa     dan ditulis dengan spidol yang besar.
    g) Jika ingin memakai kertas warna didalamnya, pakailah kertas warna yang cerah agar kontras dengan warna    spidol yang digunakan.
Hasil kritisi chart yang telah saya buat menurut saya sendiri adalah :
            Chart yang saya buat ukuran tulisannya kurang besar dan tebal sehingga tulisan pada chart saya kurang terlihat pada audiens yang duduk di bangku belakang. Tulisan chartnya juga kurang rapi karena saya menggunakan penggaris pada waktu akan menulisnya. Chart saya juga menggunakan kertas sukun agar terlihat warna-warni dan lebih menarik. Kesesuaian judul dengan isi chart menurut saya sudah sesuai karena saya merujuk sumber pada buku mata kuliah sejarah saya. Chart saya bagan-bagannya kurang mendominasi isi kertas manila karena ukuran bagan yang kurang besar. Serta ukuran tulisan pada judul chart kurang besar.

2 . Media Pembelajaran Grafik

        Media pembelajaran grafik adalah suatu media yang menyajikan data berangka suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang sangat bermanfaat. Informasi yang dihasilkan bersifat kualitatif dengan cepat serta sederhana.  

Cara membuat media pembelajaran grafik yang baik adalah :
a)  Harus mengetahui tujuan pembuatan grafik yang ingin dicapai. 
      b)    Berisi data numerik
      c)      Grafik dibuat semenarik mungkin
      d)     Harus menganalisis kompleksitas data

e)   Harus mengerti masing-masing skill para peserta didik ketika membaca grafik
f)       Menyesuaikan warna yang digunakan
g)      Hati-hati dalam membuat tema dalam grafik
h)      Selisih pengukuran urutan angka pada grafik harus jelas contohnya dari angka 0, 10, 20, 30, 40, 50, …. dst
i)        Tulisan pada grafik harus besar agar terlihat oleh peserta didik yang duduk dibangku belakang
j)        Berilah keterangan sedikit tentang grafik yang dibuat agar ketika peserta didik membaca grafik tersebut tidak kebingungan
Hasil kritisi grafik yang telah saya buat menurut saya sendiri adalah :
            Grafik yang saya buat ukuran tulisan pada judul kurang besar. Ukuran tulisan pada selisih angka grafik juga kecil sehingga tidak terlihat oleh audiens yang membaca. Kesesuaian tentang kompleksitas data menurut saya sendiri kurang sesuai, karena saya hanya menggunakan logika ketika membuatnya. Keterangan pada grafik saya sudah ada dan keterangan itu sudah sesuai dengan warna grafik yang saya buat tetapi ukuran tulisan juga kurang besar. Grafik saya juga kurang mendominasi isi kertas manila karena ukuran gambar grafik kurang besar.

3 . Media Pembelajaran Peta Konsep
           Media pembelajaran peta konsep adalah  sebuah gambaran yang menjelaskan struktur konsep-konsep yang saling berkaitan antar konsep yang lainnya yang menyatakan hubungan yang saling memiliki makna atau arti dari sebuat materi pelajaran sehingga membentuk sebuah proposisi
Cara membuat media pembelajaran peta konsep yang baik adalah :
a) Harus mengetahui tujuan pembuatan peta konsep yang ingin dicapai.
b) Peta konsep yang baik harus mengurangi penjelasan menggunakan kata-kata, artinya chart tersebut sudah     harus bisa menyampaikan informasi tanpa adanya pemberi pesan.
c) Visual harus sesuai dengan verbal informasi
d) Ukuran font tulisan harus besar agar terlihat oleh peserta didik yang duduk dibangku belakang.
 g) Sebaiknya ketika menulis pada peta konsep font tidak usah memakai font yang bergaya, pakailah font           yang tegak biasa dan ditulis dengan spidol yang besar.
 h) Jika ingin memakai kertas warna didalamnya, pakailah kertas warna yang cerah agar kontras dengan             warna spidol yang digunakan.
Hasil kritisi media pembelajaran peta konsep yang telah saya buat menurut saya sendiri adalah:
            Peta konsep yang telah saya buat ukuran tulisan pada judul sudah lebih besar dari pada media pembelajaran chart dan grafik yang telah saya buat, tetapi sepertinya juga kurang besar tidak jelas ketika dilihat dari belakang. Ada kesalahan warna pada kertas sukun yang saya gunakan, saya menggunakan warna coklat sehinggat tidak kontras dengan warna spidol hitam yang saya gunakan untuk menulis. Menurut saya peta konsep ini materinya kurang saya perluas sehingga bisa dikatakan peta konsep saya lebih mirip kepada media pembelajaran chart. Tetapi isi kesesuaian materi peta konsep saya sudah benar karena merujuk pada buku mata kuliah sejarah yang telah saya baca. Dan runtutan isi materi dari atas kebawah juga sudah jelas dan bisa mengurangi informasi tanpa adanya sang pemberi pesan.

 4 . Media Pembelajaran Mind Mapping
         Media pembelajaran mind mapping adalah suatu cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini hampir sama dengan peta konsep hanya saja mind mapping mampunyai banyak cabang dari suatu kata kunci pada materi pelajaran.








Cara membuat media pembelajaran mind mapping yang baik adalah :
a)      Harus mengetahui tujuan pembuatan mind mapping yang ingin dicapai
b)      Ukuran font yang akan digunakan haruslah besar agar terlihat oleh peserta didik yang duduk dibangku dibelakang
c)      Bila perlu gunakanlah lebih dari satu kertas manila agar tulisan pada mind mapping terlihat jelas
d)     Bila membuat mind mapping semakin banyak cabang materi didalamnya maka akan semakin baik
e)      Visual harus sesuai dengan informasi
f)       Jika ingin memakai kertas warna didalamnya, pakailah kertas warna yang cerah agar kontras dengan warna spidol yang digunakan.
Hasil kritisi media mind mapping yang telah saya buat menurut saya sendiri adalah :
            Mind mapping yang telah saya buat lagi-lagi kekurangannya pada ukuran tulisan yang kurang besar sehingga tidak terlihat oleh audiens yang duduk dibelakang. Cabang-cabang pada mind mapping terlihat tidak rapi meskipun telah menggunakan dua kertas manila, seharusnya saya lebih mengorganisir lagi isi dari mind mapping saya agar kertas manila tersebut cukup untuk di isi materi yang telah saya rancang sebelumnya. Pada kertas warna yang saya gunakan tampak ada yang tidak kontras dengan warna spidol yang saya gunakan untuk menulis. Ukuran tulisan judul juga sudah terlihat lebih besar dari pada media-media yang saya buat sebelumnya. Kesesuaian isi materi juga sudah benar menurut saya karena dirujuk dari buku mata kuliah sejarah yang telah saya baca.

5. Media Pembelajaran Power Point
       Media pembelajaran power point adalah suatu aplikasi yang berguna sebagai alat bantu dalam presentasi yang isinya ada beberapa slide yang didalamnya terangkum beberapa pokok-pokok pembahasan yang penting saja.


Slide 1
Dalam slide pertama ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap. Tetapi tulisan pada isi slide saya masih kurang penuh.




Slide 2

Dalam slide kedua ini ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap. Didalamnya juga sudah memakai underline pada kalimat yang menjadi kata kunci. Tetapi kekurangan dalam slide ini tulisannya masih kurang memenuhi isi slide.




Slide 3


Dalam slide ketiga ini  ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Background wrna yang digunakan sudah sesuai tidak gelap.  Didalam slide ini juga sudah memkai smartart agar tulisan terlihat rapi.


Slide 4

Dalam slide ke empat ini   ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial. Tetapi kekurangannya tidak ada penjelasan keterangan terhadap video dan audio yang saya cantumkan dalam slide tersebut.


Slide 5


Dalam slide kelima ini  ukuran font pada tittle sudah memakai ukuran 30-40 dan sub tittle 20-30. Dalam slide ini juga menggunakan dua jenis font yaitu Tahoma dan Arial.  Kukurangannya dalam slide ini juga tidak ada keterangan penjelasan tentang isi link yang saya cantumkan seharusnya diatas tulisan link diberi penjelasan terlebih dahulu,





Cara membuat media pembelajaran power point yang baik adalah :
a)      Ukuran font tittle  seharusnya (30-40)
b)      Ukuran font sub tittle seharusnya (20-30)
c)      Dalam slide tidak boleh lebih dari 12 garis
d)     Tulisan pada slide harus rata kanan kiri
e)      Pilihlah 3 jenis gaya font yaitu Tahoma, Arial dan Verdana
f)       Jika ingin memasukkan gambar pada slide, pilihlah gambar yang sesuai dengan tema materi pembelajaran yang ada pada slide tersebut
g)      Jangan gunakan gradasi warna dari warna gelap ke warna terang, karena akan mengganggu ketika membaca tulisan pada slide
h)      Jika ingin menggunakan warna, gunakanlah warna yang sesuai.
Hasil kritisi media power point yang telah saya buat menurut saya sendiri :
            Media power point yang telah saya buat sudah cukup baik. Font yang saya gunakan hanya dua jenis yaitu Tahoma dan Arial. Ukuran tittle pada slide saya yaitu 30-40, dan sub tittle ukurannya 20-30. Warna yang saya gunakan juga sudah cocok dengan warna tulisan dan jelas ketika membacanya. Kekurangan pada slide saya ada pada bagian slide yang berisi tentang video, audio, dan link, karena disana saya hanya langsung mencamtumkan video, audio, dan link tidak diberi keterangan terlebih dahulu.

6 . Media Pembelajaran Prezi
Media pembelajaran prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi yang berbasi pada internet. Prezi ini hampir sama dengan media power point hanya saja di prezi memiliki Zooming User Interface yang memungkinkan pengguna prezi dapat memperbesar atau memperkecil tampilan media presentasi.









Slide 1
Pada slide pertama ini ukuran font yang saya gunakan juga sudah sesuai jadi font saya terlihat besar dan mudah untuk dibaca. Tema yang saya buat pada prezi ini warnanya juga cukup sederhana sehingga tidak mengganggu para audiens ketika membaca.


Slide 2



Dalam slide kedua ini ukuran font juga sudah sesuai. Warna font dan background juga sudah sesuai hanya saja saya tidak menggunakan shapes agar lebih merapikan isi tulisan dalam slide prezi tersebut.


Slide 3


Dalam slide ketiga ini warna background juga tidak memiliki masalah sudah sesuai. Ukuran font juga susah sesuai tetapi saya tidak memasukkan shapes atau smarart agar lebih mempermudah merapikan isi tulisan dalam slide.

Slide 4

Dalam slide ke empat ini ukuran font juga sudah sesuai. Warna background dan warna font juga tidak memiliki maslaah. Tulisan keterangan sebelum memasukkan video juga sudah ada jadi audiens dapat mengerti keterangan singkat sebelum video akan diputar.


Slide 5

Dalam slide kelima ini  ukuran font juga sudah sesuai. Warna background dan warna font juga tidak memiliki maslaah. Tulisan keterangan sebelum memasukkan  link juga sudah ada sehingga para audiens dapat mengetahui apa isi link tersebut sebelum membuka linknya secara langsung. Tetapi disini saya juga tidak memakai shapes sehingga tulisan saya tidak begitu rapi.

Cara membuat media pembelajaran prezi yang baik adalah :
a)      Ukuran font tittle  seharusnya (30-40)
b)      Ukuran font sub tittle seharusnya (20-30)
c)      Dalam slide tidak boleh lebih dari 12 garis
d)     Pilihlah 3 jenis gaya font yaitu Tahoma, Arial dan Verdana
e)      Jika ingin memasukkan gambar pada slide, pilihlah gambar yang sesuai dengan tema materi pembelajaran yang ada pada slide tersebut
f)       Jangan gunakan gradasi warna dari warna gelap ke warna terang, karena akan mengganggu ketika membaca tulisan pada slide
g)      Jika ingin menggunakan warna, gunakanlah warna yang sesuai.
Hasil kritisi media pembelajaran prezi yang telah saya buat menurut saya sendiri:
            Media pembelajaran prezi yang telah saya buat ukuran font sudah menyesuaikan sehingga jika dilihat dari belakang sudah kelihatan jelas. Tetapi saya tidak menggunakan shape untuk menulis keterangan, sehingga membuang banyak ruang pada pola lingkaran prezi saya. Prezi ini masih tergolong sangat sederhana, bisa dilihat dari tema yang saya gunakan yang menggunakan background berwarna putih. Slide tentang video dan link pada prezi saya juga sudah lebih baik dari pada media power point saya karena pada slide prezi ini sudah ada keterangan tentang apa isi dari video dan link didalam slide prezi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar